Senin, 30 April 2012

certainty factor


Definisi menurut David McAllister adalah suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang mendiagnosis sesuatu yang belum pasti.
Rumus Metode Certainty Factors

Aturan metode Certainty Factors:
1. McAllister menggambarkan aturan untuk menambahkan dua faktor Certaint positif adalah:
rumus 1.JPG

2. Aturan untuk menambahkan dua Certaint yang negatif adalah:
rumus 2.JPG


3. Aturan untuk menambahkan Certainty Factors positif dan Certainty Factors negatif lebih kompleks:
rumus 3.JPG

3 aturan ini menyediakan suatu skala interval untuk Certainty Factors. Contoh untuk fakta yang positif:
Strong suggestive (CFa): 0.8
Suggestive (CFb) : 0.6
CFcombine (CFa CFb) = 0.8 + 0.6 (1-0.8)
= 0.92
Contoh untuk fakta yang negatif:
Strong suggestive (CFc): -0.8
Suggestive (CFd) : -0.6
CFcombine (CFc CFd) -0.8 + -0.6 + -0.8 * -0.6
= -0.92
Contoh untuk fakta yang positif dan negatif:
Certainty factor adalah 0.88 (CFe)
Certainty factor against adalah 0.90 (CFf)
rumus 4.JPG
RUMUS 4
Metode certainty factors ini hanya bisa mengolah 2 bobot dalam sekali perhitungan. Untuk bobot yang lebih dari 2 banyaknya, untuk melakukan perhitungan tidak terjadi masalah apabila bobot yang dihitung teracak, artinya tidak ada aturan untuk mengkombinasikan bobotnya, karena untuk kombinasi seperti apapun hasilnya akan tetap sama. Untuk mengetahui apakah seorang pasien tersebut menderita penyakit jantung atau tidak, itu dilihat dari hasil perhitungan bobot setelah semua keluhankeluhan diinputkan dan semua bobot dihitung dengan menggunakan metode certainty factors. Pasien yang divonis mengidap penyakit jantung adalah pasien yang memiliki bobot mendekati +1 dengan keluhan-keluhan yang dimiliki mengarah kepada penyakit jantung. Sedangkan pasien yang mempunyai bobot mendekati -1 adalah pasien yang dianggap tidak mengidap penyakit jantung, serta pasien yang memiliki bobot sama dengan 0 diagnosisnya tidak diketahui atau unknown atau bisa disebut dengan netral.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Certainty Factors
Kelebihan metode Certainty Factors adalah:
1. Metode ini cocok dipakai dalam sistem pakar untuk mengukur sesuatu apakah pasti atau tidak pasti dalam mendiagnosis penyakit sebagai salah satu contohnya.
2. Perhitungan dengan menggunakan metode ini dalam sekali hitung hanya dapat mengolah 2 data saja sehingga keakuratan data dapat terjaga. Kekurangan metode Certainty Factors adalah:
1. Ide umum dari pemodelan ketidakpastian manusia dengan menggunakan numerik metode certainty factors biasanya diperdebatkan. Sebagian orang akan membantah pendapat bahwa formula untuk metode certainty factors diatas memiliki sedikit kebenaran.
2. Metode ini hanya dapat mengolah ketidakpastian/kepastian hanya 2 data saja. Perlu dilakukan beberapa kali pengolahan data untuk data yang lebih dari 2 buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar